Sabtu, 23 Oktober 2010

Fly Me To The Moon

Dari Avenue of Stars, kita beranjak ke Museum-Museum yang ada di sekitarnya. Antara lain Hong Kong Museum of Art, Hong Kong Space Museum (my fav!!!), dan Hong Kong Cultural Centre.


Hong Kong Museum of Art
Disini kita dapat melihat barang-barang antik, seni kontemporer Cina, maupun gambar-gambar sejarah tentang Cina. Buka setiap hari jam 10-18, tutup pada hari Kamis. HTM HKD 10, gratis di hari Rabu :)





Hong Kong Cultural Centre
Mau menikmati orkestra? Disini tempatnya. Sebenarnya bukan hanya orkestra yang disuguhkan di tempat ini, kita juga dapat menikmati pameran lukisan/ foto/ atau kesenian lainnya yang biasanya digelar di lantai 1.

Enam bulan yang lalu, tepatnya 17 April, saya menonton orkestra di sini. Hong Kong Philharmonic Orchestra: Sarah Chang plays Bruch. Tiket HKD 120. Saya dan ayah saya ngga tahu sama sekali tentang pertunjukkan tersebut. Siapa itu Sarah Chang, tentang apa, dari mana, apapun itu..we had no idea. Beli tiketnya juga 10 menit sebelum pertunjukkan, alhasil kami ngga bisa milih tempat yang pewe.



Kami duduk di balkon. Waaoo..hanya kata itu yang terlintas di benak saya ketika memasuki ruangan pertunjukkan, mungkin karena ini pengalaman pertama saya, jadi agak lebay gini deh, hehehe.. Balkonnya yang didesain bulat memudahkan kita untuk melihat semua pemain. Hmm..ada yang ganteng!!! Slurrrpp.. Oh iya, ngga boleh jeprat jepret selama pertunjukkan, jadi saya ngga punya fotonya.

Sepuluh menit pertama saya mencoba menikmati alunan musik klasik yang terdengar begitu hmm..asing ditelinga saya. Tapi gapapa music is universal, rite? Kita ngga harus paham, cukup nikmati dan hargai saja. Hehehe..

Ternyata nonton musik klasik ada aturannya, selama pertunjukkan kita ngga boleh tepuk tangan. Nah, pas mereka sudah selesai memainkan tangga lagu *seeeehh..tangga lagu, dikira ini Dashyat?? haha* baru deh kita boleh tepuk tangan. Ada kejadian lucu dan menurut saya lebay di akhir pertunjukkan. Sarah Chang, bintang pada malam itu yang memainkan biola tanpa teks, saya ulangi tanpa teks!!!, dihujani dengan tepuk tangan yang sungguh meriah. Dia pun membalasnya dengan menundukkan badan, dadah-dadah dan tersenyum, kemudian masuk ke backstage. Tapi penontonnya getol banget tepuk tangan, mau ngga mau Sarah Chang keluar lagi, menundukkan badan, dadah-dadah, senyum, dan kembali ke backstage. Tapi oh tapi..ni orang-orang HK dan sebagian bule tetap saja doyan tepuk tangan. Sarah Chang pun bolak-balik panggung-backstage kira-kira sebanyak hmm..5 kali. Hadeeeh -__-"

Intinya, malam itu saya mendapatkan pelajaran baru: menghargai seni dan seniman. Senang :)



Hong Kong Space Museum



Ohh..I love this place. Ngga tahu kenapa saya suka sekali hal-hal yang berhubungan dengan astronomi (planet-planet, bintang, bulan, matahari, astronot, dan hal lain yang berkaitan). Mungkin karena nama saya berbau astronomi sedikit kali ya, hahaha..
Sekilas tempat ini mirip dengan Planetarium di Jakarta dan Space Museum sendiri kalau ditranslate menjadi Museum Luar Angkasa atau lebih tepatnya Planetarium.

Disini kita dapat belajar bagaimana bumi berputar, apa itu gerhana matahari, gerhana bulan, dll. Kita ngga sekedar melihat dan membaca keterangannya saja, tapi kita juga dapat ikut berpartisipasi. Salah satunya bergelantungan di dalam ruangan untuk merasakan gravitasi di bulan, atau berputar duduk dikursi untuk membuktikan salah satu hukum astronomi. Selain itu kita dapat melihat baju astronot, contoh roket yang terbang ke bulan. Seru kan?! Untuk masuk ke exhibition ini diperlukan biaya sebesar HKD 10.









Stars: The Powerhouses of The Universe
Ini dia yang saya tunggu-tunggu, pertunjukkan tentang rasi bintang. Sama kok seperti di Planetarium, Jakarta. Bedanya bahasa pengantar disini adalah bahasa inggris, kalau ada yang ngga ngerti bahasa inggris, bisa memakai headphone dan memilih bahasa yang ada. Ruangannya dingin. Brrr..



Saya sangat menikmati pertunjukkan ini, efeknya keren. Saya ngga sadar sudah 45 menit kepala saya melihat keatas dengan sudut kemiringan 90 derajat. Benar-benar pegal!!! Tapi sekali lagi, saya senang!!!

Intermezzo: saya duduk diapit oleh 2 pria, sebelah kiri bapak-bapak HK dengan anak laki-lakinya, sebelah kanan bapak-bapak bule dengan pacarnya yang juga bapak-bapak. *Nah lo!* Hmm..maaf, bukannya saya nguping pembicaraan mereka, tapi pada saat mereka asyik mengobrol, lebih tepatnya berantem, telinga saya ikut mendengar. *kebiasaan anak belanda'04, haha* Oleh karena itu, saya tahu kalau mereka berpacaran. Yay!!!

Oh iya, HK Space Museum buka setiap hari, jam 13-21. Khusus Sabtu, Minggu dan hari libur nasional jam 10-21. Tutup pada hari Selasa.
Exhibition Halls HKD 10.
Shows HKD 24 dan 32 (tergantung pemilihan kursi, paling enak ya yang harganya HKD 32).

Quote of the day:

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates